Headlines News :
Home » » Kelulusan SMP di Papua Tahun 2014 Lebih Meningkat

Kelulusan SMP di Papua Tahun 2014 Lebih Meningkat

Written By Unknown on Senin, 30 Juni 2014 | 04.41

Ilustrasi. Ist.


Jayapura,  -- Tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi Papua Tahun Ajaran 2014 lebih baik daripada tahun 2013. Hal ini bisa dilihat dari jumlah perolehan nilai rata-rata ujian nasional hingga hasil kelulusan yang sangat memuaskan.

Demikian disampaikan Kepala Balai Pengembangan Pendidikan (BPP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, Albert Lantang kepada majalahselangkah.com di Jayapura, Sabtu (21/06).

Menurutnya, dari sisi jumlah peserta ujian untuk tahun 2014 mencapai 28.920 atau terjadi peningkatan 99.79 persen, begitu juga terjadi peningkatan pada nilai dari mata pelajaran yang diujiankan seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Sementara jika dibandingkan dengan tahun 2013, masih dibawah, 27.775.

"Jadi, itu artinya ada peningkatan dibanding tahun 2013 lalu," ungkapnya.

Dikatakan Albert, hal menarik juga dari seluruh SMP di Provinsi Papua yang memiliki jumlah nilai terbaik di nusantara Indonesia, ternyata yang masuk dalam tiga besar se-Provinsi Papua, pindah ke wilayah Pegunungan Tengah, tepatnya di Kabupaten Jayawijaya, sementara siswa peraih nilai terbaik masih digenggam siswa dari SMP di Kota Jayapura.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, Protasius Lobya mengatakan, meningkatnya nilai ujian maupun jumlah peserta ujian tersebut membuktikan jika ada peningkatan kelulusan baik tingkat SD, SMP dan SMA.

Menurutnya, dari sisi kuantitas dan kualitas itu logis, sebab itu bagian dari peningkatan pembangunan di bidang pendidikan dalam era Otonomi Khusus.

"Harus diakui bahwa banyak kabupaten pemekaran dan induk, lagi gencar-gencar melakukan program untuk pembangunan di bidang pendidikan dan hasilnya bisa kita lihat saat ini," kata Lobya.

Ia berharap, para siswa yang belum sukses agar belajar lebih keras lagi, dan yang telah lulus harus sukses juga di SMA kelak.

"Siswa-siswi yang belum sukses untuk belajar lebih keras lagi dan kepada siswa yang telah sukses melewati UN dan akan melanjutkan ke tingkat SMA agar bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik," ujarnya.

"Saya juga berharap ada kerja sama yang baik dari kepala sekolah dan guru-guru untuk terus meningkatkan persiapan yang lebih matang lagi supaya pada tahun 2015 mendatang hasil yang diraih siswa-siswi bisa lebih baik dari tahun ini," tutur Lobya. (Abeth Abraham You/MS)

Bagikan Postingan Ini :

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. MEE YAGAMO YEIMO - FREE WEST PAPUA